Background

Contoh Perangkat Keras Komputer Input Device



http://3.bp.blogspot.com/_0_Lk_FRpUU0/TL7ZqGVC8PI/AAAAAAAAAWI/6DDY9lQ5Z7U/s1600/Pengantar+Perangkat+Keras+Komputer.jpg
Berikut ini adalah contohnya
  • Keyboard
Keyboard merupakan input device yang wajib ada. Keyboard atau papan ketik berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus lainnya dan melakukan perintah-perintah seperti menyimpan dan membuka file. Jenis Keyboard bisa dibedakan berdasarkan jenis port / colokanyang digunakan, yaitu jenis PS2, USB atau Wireless.
  • Mouse
Mouse berfungsi sebagai alat untuk menunjuk dan memilih object di layar, memberikan perintah dengan cara mengklik, double klik dan men-drag (menyeret) item-item yang kita pilih. Saat ini Mouse dengan sensor optic telah menggeser mouse jaman dulu yang menggunakan bola untuk menggerakkan sensornya. Sama seperti halnya keyboard, jenis mouse juga bisa dibedakan berdasarkan colokan / port yang digunakan yaitu, PS2, USB dan Wireless.
  • Touchpad
Touchpad termasuk input perangkat keras komputer yang biasa kita temukan pada laptop atau notebook, berfungsi seperti mouse tetapi dengan menggunakan sentuhan jari untuk menggerakkannya. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Light Pen
Light Pen merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light Pen bentuknya mirip bolpoin yang sensitif terhadap cahaya dan digunakan bersama dengan komputer TV CRT atau monitor. Dengan menyentuhkan ujung Light Pen pada monitor, maka komputer bisa mengetahui posisi titik mana yang tersentuh oleh Light Pen.
  • Touchscreen
Touchscreen atau Layar sentuh adalah layar tampilan komputer yang juga berfungsi sebagai perangkat input. Layar ini bersifat sensitif terhadap tekanan, pengguna berinteraksi dengan komputer dengan menyentuh gambar atau kata-kata yang berada di layar dengan jari tangan. Touchscreens juga dapat merasakan objek pasif lainnya, seperti stylus. Touchscreens dapat kita jumpai pada perangkat seperti konsol game, komputer tablet, dan smartphone.
  • Scanner
Scanner berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data berupa gambar/foto. Klo kita lihat prinsip kerjanya sama seperti mesin photocopy, tetapi output yang dihasilkan biasanya akan disimpan kedalam bentuk file. Ada juga yang disebut sebagai barcode scanner, seperti yang biasa kita lihat di kasir minimarket yang berfungsi untuk menscan barcode pada kemasan yang menunjukkan identitas barang tersebut.
  • WebCam
WebCam (singkatan dari web camera ) merupakan jenis kamera yang ditujukan untuk kebutuhan layanan berbasis web, seperti program instant messaging Yahoo Messenger , AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger dan Skype. WebCam juga bisa digunakan juga untuk mengambil gambar dan mengedit gambar di komputer, memonitor keadaan sekeliling kantor/ rumah dan Interactive video game.
  • VGA Card
VGA Card adalah komponen yang berfungsi menampilkan gambar/ tampilan pada monitor. VGA singkatan dari Video Graphics Array. Jenis VGA Card dapat diketahui dari slot yang akan digunakannya pada motherboard komputer seperti misalnya AGP, PCI, PCIe dan
  • Sound Card
Sound Card adalah komponen contoh perangkat keras komputer yang dapat berfungsi sebagai perangkat input atau sebagai perangkat output. Sebagai perangkat input adalah bagaian yang mengolah suara yang masuk, biasanya dari microphone. Sedangkan bagian perangkat output berfungsi mengubah data menjadi suara yang akan ditampilkan pada speaker. Klo saya perhatikan dalam mainboard sekarang ini, Sound Card banyak yang sudah terpasang secara onboard.



Categories: Share

Leave a Reply